Kamis, 17 November 2011

Algoritma dan Flowchart


ALGORITMA 

algoritma merupakan kumpulan langkah-langkah instruksi untuk menyelesaikan permasalahan. Algoritma tidak bisa menyelesaikan suatu masalah, algoritma memberikan serangkaian langkah-langkah yang jika dijalankan dengan benar akan menghasilkan solusi dari masalah.

Sebenarnya setiap hari kita menggunakan algoritma, tetapi tidak menyadarinya dan tidak memikirkan setiap langkah dalam algoritma secara eksplisit.

Dalam bidang informatika, algoritma merupakan sarana seseorang untuk mengkomunikasikan gagasan kepada komputer, agar komputer membantu orang tersebut dalam menyelesaikan persoalan dalam dunia nyata.

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah, yang nantinya akan diimplementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman.

Program komputer memiliki 3 komponen dasar sebagai berikut :
input merupakan proses komputer untuk memasukkan data ke komputer melalui device (alat input/masukkan) yang ada. Alat input misalnya : keyboard, mouse, scanner dll. Berikutnya, proses mengolah data yang diinputkan dengan menerapkan metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data output/keluaran yang akan diberikan kepada pengguna program. output adalah proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pengolahan data melalui alat output/keluaran, seperti : monitor, printer dll.
contoh algoritma cara menggunakan komputer :
Langkah 1 : Pastikan kabel power terhubung dengan skalar
Langkah 2 : Tekan tombol power pada CPU ke posisi ON
Langkah 3 : tekan tombol power pada monitor ke posisi ON
Langkah 4 : Tunggu sampai komputer siap digunakan


Flowchart

Flowchart/diagram alir merupakan salah satu metode untuk merepresentasikan algoritma dengan menggunakan simbol-simbol bangun datar beserta anak panah sebagai penunjuk arah proses.
flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.



*contoh membuat flowchart persegi panjang :




Rabu, 16 November 2011

Sistem Operasi (Operating System)


*Pengertian Sistem Operasi 
Apa itu sistem operasi? Sistem operasi merupakan sekumpulan dari beberapa perintah atau intruksi dari program pengendalian komputer yang sudah dibuat oleh pabrik komputer. Pembuatan sistem operasi harus mempertimbangkan cara kerja dari perangkat keras dan lunak yang beredar saat ini. Saat komputer kita hidupkan, BIOS (Basic Input Output System) komputer akan memeriksa semua perangkat keras yang terpasang di dalam motherboard. Program ini disimpan dalm chip IC yang disebut ROM (Read Only Memory) dan selalu bekerja mengontrol hardware yang terpasang pada motherboard.
Sistem operasi komputer yang sering digunakan di Indonesia adalah PC-DOS dan MS DOS. PC DOS dibuat oleh pengusaha Microsoft Corporation. Sistem ini dibuat dengan DOS (Disk Operating System). DOS merupakan kumpulan dari beberapa perintah dalam komputer yang berperan untuk mendukung dan menyatukan kerja perangkat keras dengan perangkat lumak dalam satu sistem sehingga semua perangkat yang ada di dalam komputer dapat kerja secara teratur.
Sistem operasi terdiri atas perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan sistem komputer. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur proses input dan output atau sering disebut proses I/O. Fungsi utama dari sistem operasi adalah untuk memanajemen proses program yang sedang dijalankan, manajemen data masukan, dan manajemen data kelurahan. Di samping itu, sistem operasi menjamin komunikasi antara program aplikasi dan perangkat keras dalam keadaan aman dan konsisten.


*Beberapa Contoh Sistem Operasi 
Pada awalnya, sistem operasi komputer selalu dioperasikan di bawah perintah DOS. Dalam perkembangannya, teknologi program aplikasi komputer membutuhkan perintah dan kerja komputer yang sangat cepat dan akurat. Kemudian, para pakar teknologi informasi dan komunikasi mulai mendesain kerja komputer dengan membuat perangkat lunak operasional komputer Under Windows (berbasis windows). Kelebihan sistem operasi Under Windows dibandingkan dengan DOS adalah kemampuan untuk melakukan beberapa program sekaligus secara bersamaan.

1. Sistem Operasi Windows
Sistem operasi Windows diperkenalkan pertama kali pada tahun 1985 oleh perusahaan Microsoft Corporation di Amerika Serikat. Perusahaan itu didirakan oleh William Hendry Gates atau yang akrab di panggil Bill Gates. Saat itu, Microsoft tumbuh menjadi pabrik pembuat perangkat lunak dan sistem operasi yang paling terkenal dan laku di dunia. Sistem operasi Windows yang pertama dibuat adalah Windows 3.0. Windows 3.0 merupakan kelanjutan dari Windows 1.0 dan Windows 2.0 yang telah dimunculkan. Selanjutnya, berkembang menjadi Windows 3.11. Selanjutnya, Windows95, Windows 98, Windows NT, Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003, Windows 2005, Windows Vista, dan terakhir Windows 7.

2. Sistem operasi LINUX
Selain Window ada juga sistem operasi lain yang tak kalah terkenalnya di pasaran dunia, yaitu sistem operasi LINUX. Sistem operasi LINUX merupakan pengembangan dari sistem operasi sebelumnya, yaitu UNIX. Jika Windows harus membeli karena pemegang hak cipta dimiliki oleh Microsoft Coorporation, tetapi LINUX bersifat open source, artinya semua orang bisa menggunakan dan menambah dengan bebas tanpa bayar. Walaupun LINUX bersifat open source, tetapi untuk menginstalnya ke dalam komputer harus memiliki komputer dengan spesifikasi teknologi IC yang tinggi. LINUX dapat diinstal minimal pada komputer pentium 4 dengan memori yang tinggi. Jika komputer tidak memiliki spesifikasi tersebut, sistem operasi LINUX akan lambat bahkan tidak dapat dioperasikan. Karena LINUX harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang bagus. Banyak pengguna komputer di Indonesia lebih memilih menggunakan sistem operasi Windows.

*Cara Kerja Sistem Operasi 
Saat komputer pertama kali dinyalakan, program yang dijalankan pertama kali adalah sestem operasi. Sistem operasi tersebut akan mengatur semua proses yang terjadi di dalam komputer. Untuk mengatur bagaimana proses itu berlangsung saat komputer dinyalakan, perhatikan proses berikut ini.
  • Sistem BIOS (Basic Input Output System) akan membaca semua periferal yang ada pada komputer. Jika terjadi kesalahan (eror), BIOS akan memberi suara ?beep?. Setiap kesalahan yang berbeda akan memberikan suara beep yang berbeda pula.
  • Jika tidak ada kesalahan BIOS akan memroses dan membaca hard disk fase sektor 0 yang berisi sistem operasi. Jika ditemukan sistem operasi, maka BIOS akan memberikan tugas selanjutnya kepada sistem operasi yang ada.
  • Oleh sistem operasi, semua informasi yang dikirim oleh BIOS akan digunakan untuk melakukan booting selanjutnya. Akhirnya, sistem komputer berjalan dan dapat kita gunakan.

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari


Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di era sekarang ini dapat dinikmati oleh semua orang. Hampir tidak ada orang yang tidak dapat menikmati teknologi informasi dan komunikasi di setiap harinya. Di pagi hari, sebuah keluarga sudah disuguhkan bacaan surat kabar dan berita di televisi sehingga informasi terkini (uptodate) didapatkan di waktu pagi hari. Bagi pemilik komputer yang terakses internet, dapat membaca surat kabar secara online.
Setelah membaca surat kabar pagi, dapat dilanjutkan melihat tontonan berita teraktual melalui televisi dan mendengarkan radio. Informasi terkini pun dapat dinikmati dari media informasi di atas.
Di dunia pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Melalui internet guru dan siswa dapat mengunduh (download) buku-buku elektronik (e-book) pelajaran secara gratis di internet. Dengan adanya e-book tersebut, beban buku pelajaran yang memberatkan siswa dapat sedikit tertanggulangi.
Di dunia kesehatan, konsultasi diagnosis penyakit dapat dilakukan dengan alat teknologi informasi dan komunikasi. Misalkan menggunakan telepon atau internet. Orang tidak perlu ke rumah sakit atau ke dokter jika ingin konsultasi awal tentang diagnosis suatu penyakit. Sistem administrasi rumah sakit juga tak lepas dari perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
Di dunia bisnis dan perdagangan, banyak peluang bisnis yang dilakukan melalui internet. Penjualan barang dapat dilakukan melalui internet serta iklan layanan jasa. Bahkan, informasi lowongan pekerjaan juga banyak melalui internet. Seseorang yang tidak dapat menggunakan internet dikatakan gaptek (gagap teknologi)
Kesimpulannya, tidak ada satu instansi pun, bahkan keluarga, yang dapat lepas dari teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak kecil pun sekarang sudah membawa dan menggunakan telepon seluler untuk komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi mampu memudahkan pekerjaan di semua bidang. Teknologi informasi dan komunikasi beperan penting di bidang pendidikan, kesehatan, bisnis dan perdagangan, dan masih banyak yang lainnya.

Bill Gates Sang Pengusaha Software


Tahukah kalian dengan Bill Gates ? Dia adalah orang terkaya di dunia selama 13 tahun, sebelum tahun ini direbut pengusaha dan investor Warren Buffet. Fokusnya di dunia TIK terutama di piranti lunak memang tidak tergoyahkan. Sepanjang hidupnya, fokus bisnisnya hanya di satu bidang ini. Ia tidak pernah menoleh sedikit pun ke bidang lain. Pria kelahiran 28 Oktober 1955 ini mampu membangun Microsoft dari titik nolmenjadi perusahaan dengan penjualan sebesar US$ 51,12 miliar atau sekitar Rp 500 triliun pada tahun fiskal juni 2007. Itu artinya, hampir setara dengan 70%belanja Indonesia tahun 2007. Melalui perusahaan Microsoft pula, ia mampu menampung 78 ribu tenaga kerja yang tersebar di 105 negara. Dengan perusahaan Microsoft pulalah, ia mendominasi pasar piranti lunak dunia.
Sebelum predikat orang terkaya diambil oleh Warren Buffet, situs kapanlagi.com pada tahun 2006 menuliskan beberapa fakta tentang Bill Gates. Berikut fakta-faktanya.
  1. Bill Gates menghasilkan US% 250 setiap detiknya, itu sekitar US$ 20 juta sehari dan US$ 7,8 milyar setahun.
  2. Apabila dia menjatuhkan US$ 1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.
  3. Utang nasional Amerika serikat US$ 5,62 triliyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.
  4. Dia dapat menyumbangkan US$ 15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$ 5 juta sebagai uang sakunya.
  5. Michael Jordan adalah atlit yang dibayar paling mahal di Amerika. Jka dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$ 30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates sekarang.
  6. Apabila Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi pengusaha Amerika terbesar nomor 13, bahkan melibihi IBM.
  7. Apabila semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$ 1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak-balik. Akan tetapi, jalan itu harus dibuat nonstop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.
  8. Bill Gates pada tahun 2007 berumur 40 tahun. Jika mengasumsikan dia dapat hidup 35 tahun lagi maka dia harus membelanjakan US$ 6,78 juta per hari untuk menghabiskan semua uangnya sebelum meninggal dunia.
  9. Akan tetapi, jika pemakai Microsoft Windows dapat mengklaim US$ 1 untuk setiap kali komputernya hang karena Microsoft Windows, Bill gates akan segera bangkrut dalam waktu 3 tahun.
Apa yang dilakukan Bill Gates juga dapat kalian lakukan. hal yang perlu kalian lakukan hanyalah memulainya. Cari tahu kemampuan kalian, kemudian kembangkanlah dengan keuletan.

Menjadi Programer


Salah satu pengembangan TIK adalah programmer (pemrograman). Programmer bertugas membuat program komputer yang bertujuan mempermudah pengguna dalam menggunakan komputer. Programmer bertugas membuat program komputer yang dapat diaplikasikan di berbagai bidang. Contohnya :
  • Aplikasi umum: kantoran (office), toko.
  • Embedded System: handphone, tool/controller di pabrik/mobil/pesawat.
  • Hiburan: games, musik (midi, mp3, computer music), animasi, rendering, film, dan video.
Aplikasi khusus: kedokteran, visiualisasi data, penelitian.
Umumnya programmer lebih suka bekerja di rumah, artinya mereka berwirausaha dengan membuat program yang kemudian program itu dijual atau mereka diminta untuk membuat program komputer suatu sistem dari perusahaan. Programmer lebih fleksibel waktunya karena Programmer tidak terikat denngan instan apa pun. Hanya saja, Programmer terkait dengan perjanjian dengan suatu perusahaan yang mengkontraknya dalam batas waktu pengerjaan program.

Panduan Merawat Komputer


Apabila kalian memiliki komputer baru ? Jangan lupa untuk selalu merawatnya. Caranya, ikuti panduan berikut ini.
Langkah I: Kenali Sistem Komputermu
Langkah pencegahan pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat inventori sistem komputer. Informasi tersebut diperlukan saat kamu hendak memperbaiki atau menyervis komputer. Mulailah dengan mencatat nomor seri dan nomor model. Catatan ini berguna bagi manufaktur untuk menentukan jenis komponen yang ada dalm sistem komputermu. Apabila kamu telah menambah suatu komponen, sebutkan model dan nomor versinya. Kamu juga harus mengenal konfigurasi sistem secara detail. Pada komputer-komputer berbasis Windows, hal ini berarti mengopi dan mencetak beberapa file sistem penting yang akan berguna ketika timbul masalah dan anda memerlukan bantuan seorang teknis.
Langkah II: Buat Disket 'Boot' Darurat 
Apabila komputer mengalami masalah sehingga kamu tidak bisa mengakses hard disk, gunakan cara lain agar bisa mem-boot sistem. Gunakan disket boot darurat.
Langkah III: Menyimpan dengan Perencanaan 
Buatlah folder bagi tiap program dan isilah hanya dengan data yang sesuai. Atau, buatlah folder untuksetiap anggota keluarga. Dengan memberinya nama file dan folder akan membantu untuk mengingatnya, bahkan jika suatu saat kamu telah lupa mengapa membuatnya dan menghapus data yang sudah tak dipakai.
Langkah IV: 'Back Up' Data 
Membuat back up juga berarti mengopi, sehingga jika suatu saat data aslinya rusak atau hilang, kamu masih bisa memakai duplikatnya. Dapat pula mem-back up hard disk ke dalam disket atau hard drive tambahan (removable). Back up-lah data ke dalam folder data seminggu sekali dan buatlah secara lengkap enam bulan sekali.
Langkah V: Jauhkan Virus 
Serangan virus selalu mengintip setiap saat, terutama jika kamu sering bermain Internet. Untuk mencegah menularnya virus. gunakan program-program antivirus yang banyak beredar. Lakukan pemeriksaan virus sesering mungkin guna mencegah meluasnya infeksi.
Langkah VI: Jaga Kebersihan Komputer 
Debu dapat merusak komponen di dalam komputer. Bersihkan selalu komputer setiap saat. Bila perlu, gunakan tutup pelindung bila sedang tak digunakan.
Langkah VII: Matikan Komputer Sesuai Prosedur 
Windows 95, Windows 3.1 dan Mac OS menyediakan metode standar untuk mematikan komputer yang disebut shut down menu. Gunakan metode tersebut untuk menghindarkan komputer dari konflik listrik.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)


Dahulu, manusia mengirimkan surat menggunakan burung merpati sebagai media pengirmannya. Berkat kecerdasan manusia yang merupakan anugerah dari Tuhan, manusia mengembangkan teknologi yang mempermudah pengiriman surat. E-mail merupakan contoh pengiriman surat melalui media jaringan komputer. Pengiriman surat melalui e-mail dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Sarana ini merupakan salah satu bentuk pengembangan dari teknologi informasi dan komunikasi. Isi surat e-mail adalah pengembangan teknologi informasi, sedangkan jaringan komputer adalah teknologi komunikasi. Apa itu teknologi informasi dan komunikasi? Sebelum menjelaskan hal itu, kita pelajari dahulu pengertian informasi dan komunikasi.
Informasi merupakan kumpulan data yang saling terkait dan telah diproses secara kompleks. Dengan kata lain, informasi merupakan hasil dari sebuah data yang telah diproses. Data-data yang tercatat dan saling terkait dikumpulkan,kemudian diolah atau diproses sehingga menghasilkan informasi yang tepat dan akurat. Selanjutnya, informasi menjadi data yang akan diolah dan akan menjadi informasi yang lainnya. Apabila digambarkan dalam bentuk diagram, siklus pembentukan informasi seperti gambar 1.2 tersebut.
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi berupa pesan, ide, atau gagasan dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling memengaruhi di antara keduanya. Ada dua jenis komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi menggunakan kata-kata, baik berupa tulisan atau lisan. Komunikasi nonverbal merupakan pengganti ataupun pendukung dari komunikasi verbal. Contoh dari komunikasi nonverbal adalah gerakan badan yang menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, atau mengangkat bahu.
Komunikasi harus memenuhi beberapa komponen agar komunikasi berlangsung dengan baik. Menurut Laswell, komponen-komponen komunikasi adalah sebagai berikut.
  • pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain, yaitu komunikan.
  • Pesan (message) adlah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.
  • Saluran (channel) adalah media yang digunakan komunikator untuk mengirimkan pesannya kepada komunikan. Dalam komunikasi atau percakapan antarpribadi secara langsung (tatap muka), saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
  • Penerima atau komunikan (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain.
  • Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari komunikasi pesan atas isi pesan yang disampaikan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sering disingkat TIK merupakan istilah dari bahasa inggris, yaitu ICT (Information and Technologi). Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi data dan pengolahan informasi. Teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian atau pengiriman informasi dari pengirim ke penerima. Dari pengertian teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Kedua teknologi itu saling berkaitan erat satu sama lain. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan segala bentuk kegiatan yang terkait dengan proses manipulasi, pengolahan, dam pemindahan informasi dari pengirim ke penerima.
Pengetahuan tentang TIK membantu kita agar mengenal, menggunakan, dan merawat peralatan-peralatan yang berhubungan dengan TIK. Selain itu, kita juga harus mengembangkan potensi kita untuk mengembangkan TIK yang sudah ada sekarang. Dengan TIK, kualitas kehidupan manusia di berbagai bidang menjadi meningkat.

Rabu, 09 November 2011

perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang



GENERASI PERTAMA
Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaanya. Komputer generasi pertama belum dapat memperoses masalah-masalah yang rumit. Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya pun masih lambat.

komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memproses dan menyimpan data. Tabung vakum berukuran seperti lampu kecil. Tabung vakum cepat panas dan mudah terbakar. Ribuan tabung vakum diperlukan untuk mengoperasi komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama murni peralatan elektronik yang berfungsi untuk membantu ilmuwan menyelesaikan masalah perhitungan matematika secaracepat dan tepat. Ukurannya yang besar mirip komputer induk atau komputer utama. Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert tahun 1946.



GENERASI KEDUA
Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin. Pada generasi in, ukuran komputer lebih kecil. Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer. Contoh komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.



GENERASI KETIGA
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, komputer generasi ketiga penyimpana memorinya lebih besar dan diletakkan diluar (eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil sehingga lebih menghemat ruang. komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC atau disebutchip. Dapat digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.



GENERASI KEEMPAT
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar. Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.



GENERASI KELIMA
Komputer generasi kelima memang belum terwujud karena komputer generasi ini merupakan komputer impian masa depan. Pembuatan bentuk komputer generasi kelima tentunya akan lebih kompleks. KOmputer generasi kelima ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam waktu bersamaan. Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang besar. Komputer impian ini diperkirakan akan mempunyai kepandaian tersendiri atau dapat membuat keputusan sendiri. Sifat luar biasa komputer ini disebut sebagai kecerdasan buatan.