Kamis, 17 November 2011

Algoritma dan Flowchart


ALGORITMA 

algoritma merupakan kumpulan langkah-langkah instruksi untuk menyelesaikan permasalahan. Algoritma tidak bisa menyelesaikan suatu masalah, algoritma memberikan serangkaian langkah-langkah yang jika dijalankan dengan benar akan menghasilkan solusi dari masalah.

Sebenarnya setiap hari kita menggunakan algoritma, tetapi tidak menyadarinya dan tidak memikirkan setiap langkah dalam algoritma secara eksplisit.

Dalam bidang informatika, algoritma merupakan sarana seseorang untuk mengkomunikasikan gagasan kepada komputer, agar komputer membantu orang tersebut dalam menyelesaikan persoalan dalam dunia nyata.

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah, yang nantinya akan diimplementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman.

Program komputer memiliki 3 komponen dasar sebagai berikut :
input merupakan proses komputer untuk memasukkan data ke komputer melalui device (alat input/masukkan) yang ada. Alat input misalnya : keyboard, mouse, scanner dll. Berikutnya, proses mengolah data yang diinputkan dengan menerapkan metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data output/keluaran yang akan diberikan kepada pengguna program. output adalah proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pengolahan data melalui alat output/keluaran, seperti : monitor, printer dll.
contoh algoritma cara menggunakan komputer :
Langkah 1 : Pastikan kabel power terhubung dengan skalar
Langkah 2 : Tekan tombol power pada CPU ke posisi ON
Langkah 3 : tekan tombol power pada monitor ke posisi ON
Langkah 4 : Tunggu sampai komputer siap digunakan


Flowchart

Flowchart/diagram alir merupakan salah satu metode untuk merepresentasikan algoritma dengan menggunakan simbol-simbol bangun datar beserta anak panah sebagai penunjuk arah proses.
flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.



*contoh membuat flowchart persegi panjang :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar