Rabu, 16 November 2011

Panduan Merawat Komputer


Apabila kalian memiliki komputer baru ? Jangan lupa untuk selalu merawatnya. Caranya, ikuti panduan berikut ini.
Langkah I: Kenali Sistem Komputermu
Langkah pencegahan pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat inventori sistem komputer. Informasi tersebut diperlukan saat kamu hendak memperbaiki atau menyervis komputer. Mulailah dengan mencatat nomor seri dan nomor model. Catatan ini berguna bagi manufaktur untuk menentukan jenis komponen yang ada dalm sistem komputermu. Apabila kamu telah menambah suatu komponen, sebutkan model dan nomor versinya. Kamu juga harus mengenal konfigurasi sistem secara detail. Pada komputer-komputer berbasis Windows, hal ini berarti mengopi dan mencetak beberapa file sistem penting yang akan berguna ketika timbul masalah dan anda memerlukan bantuan seorang teknis.
Langkah II: Buat Disket 'Boot' Darurat 
Apabila komputer mengalami masalah sehingga kamu tidak bisa mengakses hard disk, gunakan cara lain agar bisa mem-boot sistem. Gunakan disket boot darurat.
Langkah III: Menyimpan dengan Perencanaan 
Buatlah folder bagi tiap program dan isilah hanya dengan data yang sesuai. Atau, buatlah folder untuksetiap anggota keluarga. Dengan memberinya nama file dan folder akan membantu untuk mengingatnya, bahkan jika suatu saat kamu telah lupa mengapa membuatnya dan menghapus data yang sudah tak dipakai.
Langkah IV: 'Back Up' Data 
Membuat back up juga berarti mengopi, sehingga jika suatu saat data aslinya rusak atau hilang, kamu masih bisa memakai duplikatnya. Dapat pula mem-back up hard disk ke dalam disket atau hard drive tambahan (removable). Back up-lah data ke dalam folder data seminggu sekali dan buatlah secara lengkap enam bulan sekali.
Langkah V: Jauhkan Virus 
Serangan virus selalu mengintip setiap saat, terutama jika kamu sering bermain Internet. Untuk mencegah menularnya virus. gunakan program-program antivirus yang banyak beredar. Lakukan pemeriksaan virus sesering mungkin guna mencegah meluasnya infeksi.
Langkah VI: Jaga Kebersihan Komputer 
Debu dapat merusak komponen di dalam komputer. Bersihkan selalu komputer setiap saat. Bila perlu, gunakan tutup pelindung bila sedang tak digunakan.
Langkah VII: Matikan Komputer Sesuai Prosedur 
Windows 95, Windows 3.1 dan Mac OS menyediakan metode standar untuk mematikan komputer yang disebut shut down menu. Gunakan metode tersebut untuk menghindarkan komputer dari konflik listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar