Rabu, 16 November 2011

Bill Gates Sang Pengusaha Software


Tahukah kalian dengan Bill Gates ? Dia adalah orang terkaya di dunia selama 13 tahun, sebelum tahun ini direbut pengusaha dan investor Warren Buffet. Fokusnya di dunia TIK terutama di piranti lunak memang tidak tergoyahkan. Sepanjang hidupnya, fokus bisnisnya hanya di satu bidang ini. Ia tidak pernah menoleh sedikit pun ke bidang lain. Pria kelahiran 28 Oktober 1955 ini mampu membangun Microsoft dari titik nolmenjadi perusahaan dengan penjualan sebesar US$ 51,12 miliar atau sekitar Rp 500 triliun pada tahun fiskal juni 2007. Itu artinya, hampir setara dengan 70%belanja Indonesia tahun 2007. Melalui perusahaan Microsoft pula, ia mampu menampung 78 ribu tenaga kerja yang tersebar di 105 negara. Dengan perusahaan Microsoft pulalah, ia mendominasi pasar piranti lunak dunia.
Sebelum predikat orang terkaya diambil oleh Warren Buffet, situs kapanlagi.com pada tahun 2006 menuliskan beberapa fakta tentang Bill Gates. Berikut fakta-faktanya.
  1. Bill Gates menghasilkan US% 250 setiap detiknya, itu sekitar US$ 20 juta sehari dan US$ 7,8 milyar setahun.
  2. Apabila dia menjatuhkan US$ 1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.
  3. Utang nasional Amerika serikat US$ 5,62 triliyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.
  4. Dia dapat menyumbangkan US$ 15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$ 5 juta sebagai uang sakunya.
  5. Michael Jordan adalah atlit yang dibayar paling mahal di Amerika. Jka dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$ 30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates sekarang.
  6. Apabila Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi pengusaha Amerika terbesar nomor 13, bahkan melibihi IBM.
  7. Apabila semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$ 1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak-balik. Akan tetapi, jalan itu harus dibuat nonstop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.
  8. Bill Gates pada tahun 2007 berumur 40 tahun. Jika mengasumsikan dia dapat hidup 35 tahun lagi maka dia harus membelanjakan US$ 6,78 juta per hari untuk menghabiskan semua uangnya sebelum meninggal dunia.
  9. Akan tetapi, jika pemakai Microsoft Windows dapat mengklaim US$ 1 untuk setiap kali komputernya hang karena Microsoft Windows, Bill gates akan segera bangkrut dalam waktu 3 tahun.
Apa yang dilakukan Bill Gates juga dapat kalian lakukan. hal yang perlu kalian lakukan hanyalah memulainya. Cari tahu kemampuan kalian, kemudian kembangkanlah dengan keuletan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar