Rabu, 16 November 2011

Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari


Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di era sekarang ini dapat dinikmati oleh semua orang. Hampir tidak ada orang yang tidak dapat menikmati teknologi informasi dan komunikasi di setiap harinya. Di pagi hari, sebuah keluarga sudah disuguhkan bacaan surat kabar dan berita di televisi sehingga informasi terkini (uptodate) didapatkan di waktu pagi hari. Bagi pemilik komputer yang terakses internet, dapat membaca surat kabar secara online.
Setelah membaca surat kabar pagi, dapat dilanjutkan melihat tontonan berita teraktual melalui televisi dan mendengarkan radio. Informasi terkini pun dapat dinikmati dari media informasi di atas.
Di dunia pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Melalui internet guru dan siswa dapat mengunduh (download) buku-buku elektronik (e-book) pelajaran secara gratis di internet. Dengan adanya e-book tersebut, beban buku pelajaran yang memberatkan siswa dapat sedikit tertanggulangi.
Di dunia kesehatan, konsultasi diagnosis penyakit dapat dilakukan dengan alat teknologi informasi dan komunikasi. Misalkan menggunakan telepon atau internet. Orang tidak perlu ke rumah sakit atau ke dokter jika ingin konsultasi awal tentang diagnosis suatu penyakit. Sistem administrasi rumah sakit juga tak lepas dari perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
Di dunia bisnis dan perdagangan, banyak peluang bisnis yang dilakukan melalui internet. Penjualan barang dapat dilakukan melalui internet serta iklan layanan jasa. Bahkan, informasi lowongan pekerjaan juga banyak melalui internet. Seseorang yang tidak dapat menggunakan internet dikatakan gaptek (gagap teknologi)
Kesimpulannya, tidak ada satu instansi pun, bahkan keluarga, yang dapat lepas dari teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak kecil pun sekarang sudah membawa dan menggunakan telepon seluler untuk komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi mampu memudahkan pekerjaan di semua bidang. Teknologi informasi dan komunikasi beperan penting di bidang pendidikan, kesehatan, bisnis dan perdagangan, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar